Posted by : Vega Kristina Monday, June 17, 2013


Organisasi adalah wadah berkumpulnya sekelompok orang yang memiliki tujuan bersama, kemudian mengorganisasikan diri dengan bekerja bersama-sama dan merealisasikan tujuanya.

Organisasi adalah wadah yang memungkinkan masyarakat dapat meraih hasil yang sebelumnya belum dapat dicapai oleh individu secara sendiri-sendiri. (James L. Gibson, 1986).

Dalam ilmu-ilmu sosial, organisasi dipelajari oleh periset dari berbagai bidang ilmu, terutama sosiologi, ekonomi, ilmu politik, psikologi, danmanajemen. Kajian mengenai organisasi sering disebut studi organisasi (organizational studies), perilaku organisasi (organizational behaviour), atau analisis organisasi (organization analysis).

Definisi Organisasi identik dengan sekelompok individu yang terstruktur dan sistematis yang berada dalam sebuah sistem. definisi lain dari organisasi adalah wadah untuk sekelompok individu berinteraksi dalam wewenang tertentu. Secara umum, organisasi dapat diartikan sebagai sebuah sistem yang terdiri dari sekelompok individu yang melalui suatu hierarki sistematis dalam pembagian kerja dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara structural dan sistematis. Beradasarkan definisi tersebut, organisasi memiliki beberapa batasab-batasan yang dapat di gambarkan dalam sebuah organisasi.

Definisi rekreasi secara harfiah yakni membentuk atau menciptakan kembali. Definisi ini berasal dari kata re' dan ' creation'. 'Re' berarti mengulang atau kembali dan 'creation’ memiliki arti membentuk atau menciptakan.

Sedangkan menurut Kamus Webster, rekreasi merupakan sarana untuk menyegarkan kembali atau aktivitas yang menyenangkan (a means of refreshment or diversion).  Sementara Clawson dan Knetsch memberikan definisi rekreasi sebagai kegiatan yang dilakukan pada waktu luang untuk mengembalikan kesegaran fisik.

Rekreasi juga dapat di definisikan “aktivitas yang dilakukan pada waktu senggang (lapang) yang bertujuan untuk membentuk, meningkatkan kembali kesegaran fisik, mental, pikiran dan daya rekreasi (baik secara individual maupun secara kelompok) yang hilang akibat aktivitas rutin sehari-hari dengan jalan mencari kesenangan, hiburan dan kesibukan yang berbeda dan dapat memberikan kepuasan dan kegembiraan yang ditujukan bagi kepuasan lahir dan batin manusia”.

Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa pengertian Organisasi Rekreasi dapat di artikan sebagai wadah dimana sekelompok individu yang terstruktur dan berinteraksi membentuk suatu sarana atau kegiatan yang dilakukan pada waktu luang untuk mengembalikan kesegaran fisik.

Organisasi rekreasi termasuk Organisasi informal, karena terdiri dari dua orang atau lebih yang terlibat pada suatu aktifitas serta tujuan bersama yang tidak disadari.  


Selengkapnya bisa di download : Makalah Organisasi Rekreasi

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Welcome to My Blog

- Copyright © Potensi Kami -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -